Minggu, 02 Maret 2014

Belajar menggunakan social media dengan Edmodo




Edmodo adalah media sosial tempat berbagi data, pikiran, dan lain sebagai sarana untuk berkomunikasi kepada para guru dengan muridnya. Pada situs ini orangtua murid dapat bergabung serta berkomunikasi dengan guru dan orangtua siswa lainnya, Dengan platform ini guru / orang tua dapat dengan mudah memonitor siswa dalam Edmodo learning envinronment.

Edmodo juga yang berbasis cloud kolaborasi merupakan media sosial yang aman digunakan untuk Guru dengan siswanya. Tidak ada yang bisa masuk ke ruang Edmodo tanpa undangan, dan siswa tidak dapat menggunakannya untuk berhubungan dengan orang asing. Anda dapat dengan mudah mengetahui jika ada pelanggar/penyusung/orang asing yang ada di dalam kelas Edmodo anda.

Edmodo seperti alat bantu belajar lainnya, bisa menjadi media sosial untuk pembelajaran guru untuk siswanya, atau dapat menjadi cara lebih kreatif untuk melibatkan siswa dalam pelajaran kolaboratif dan kognisi terdistribusi dan Platform ini juga memberikan siswa jalur berinteraksi dengan rekan – rekan mereka dan guru mereka dalam suasana akademis. Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi yang terpenting adalah platform ini memberikan aspek penting dari lingkungan belajar yang positif. Edmodo menyiapkan lingkan dimana belajar dan mengajar dapat menghasilkan kegembiraan pada siswa, siswa menjadi lebih mandiri, tanpa melupakan standar pengukuran keberhasilan siswa. Pada hakikatnya platform ini mudah di pahami dan digunakan terutama bagi guru yang menganggap dirinya ke luar dari basis pengetahuan teknologi yang berkembang saat ini. Edmodo juga dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis projek, dan student-centered learning dengan banyak komunikasi dan diskusi antar siswa.. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan merasa senang keinginan mereka untuk mengatasi materi baru dan sulit akan meningkat. Edmodo adalah salah satu cara untuk membangun siswa bersemangat untuk belajar.

Fitur - fitur yang ada di edmodo

  • Mudah diakses
  • Dapat diakses menggunakan Handphone 
  • Orang tua dapat berkomunikasi dengan guru ataupun orang tua siswa lain. 
  • Membuat quiz untuk murid. 
  • Dapat membagikan file. 
  • Berbagi event yang ada sekolah atau pun universitas 
  • Memiliki fitur lencana yang diberikan guru kepada siswanya sesuai dengan prestasinya di edmodo. 

Edmodo dalam beberapa sudut pandang
  • Dalam Sudut Pandang Guru
Edmodo menggambarkan dirinya sebagai “jaringan sosial pembelajaran yang aman bagi guru dan siswa”. Mereka membuktikannya dengan menyediakan dua jenis tombol yang dapat Anda pilih, yaitu “I’m a Student” dan “I’m a Teacher“.

Untuk tujuan percobaan, mari lihat layanan dari kedua perspektif. Dimulai dari sisi guru terlebih dahulu. Window sign up terlihat biasa dengan semua field biasa untuk diisi. api kemudian Anda akan melihat bahwa versi siswa memiliki perbedaan khas.


Setelah mendaftar, Anda akan mendarat di halaman home Edmodo Anda. Ini mirip dengan Facebook, dengan beberapa modifikasi di sana-sini untuk membuatnya cocok untuk tujuan pendidikan.
Area update digunakan sebagai tool untuk mengirim Notes, Alarm, Tugas, dan Polling untuk sesama siswa atau guru lainnya.
  • Dalam Sudut Pandang Siswa
Jika Anda seorang siswa, proses pendaftaran sedikit berbeda. Selain informasi dasar pribadi Anda, Anda juga akan memerlukan kode kelompok yang akan Anda bergabung dengannya. Ini adalah kode bahwa guru Anda akan mendapatkan ketika mereka membuat kelompok.
Setelah login, Anda akan menemukan daftar kelompok bahwa Anda telah bergabung tepat di bawah avatar anda. Jika Anda ingin bergabung dengan kelompok lainnya, memiliki kode akses dan klik tombol “Join”.

Edmodo memiliki cara untuk menjaga privasi pengguna. Konsep kelompok akan membatasi segala sesuatu yang terjadi dalam kelompok di dalam anggota kelompok. Dan karena tidak mungkin untuk bergabung dengan kelompok apapun tanpa kode akses, guru dapat menjaganya agar tidak keluar dari kelompok.


Edmodo

Sumber
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 Komentar:

Posting Komentar